Membahas Kanker

Blog Yang Membahas Tentang Kanker Dari Mencegah hingga Mengobati.

Penyebab Kanker Melanoma

Penyebab Kanker Melanoma

Penjelasan Singkat dan Penyebab Kanker Melanoma

Penjelasan Kanker Kulit


Kanker kulit atau yang dikenal dengan melanoma merupakan jenis kanker perkembangannya berada pada melanosit dan sel pigmen kulit yang fungsinya sebagai penghasil dari zat melanin. Melanin sendiri berfungsi untuk menyerap sinar ultraviolet serta melindungi kulit Anda dari kerusakan.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang cukup dan paling berbahaya. Kondisi seperti ini dimulai pada bagian kulit manusia bahkan nantinya dapat menyebar pada organ lain yang ada di dalam tubuh. Salah satu penyebab kanker melanoma adalah tumbuhnya tahi lalat dan perubahan pada tahi lalat.

Hal semacam ini sudah menjadi biasa sebagai sebuah tanda umum dari gejala kanker melanoma. Kanker bisa ada di semua bagian tubuh, namun beberapa bagian dari tubuh yang kerap mengalami kemunculan gejala satu ini adalah:

  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung
  • Kaki.

Melanoma mempunyai bentuk tidak beraturan serta tidak satu warna saja. Tahi lalat yang biasanya terserang melanoma akan terasa gatal serta dapat mengalami pendarahan. Selain itu, ukuran tahi lalat bisa melebihi ukuran normal. Agar Anda bisa membedakan tahi lalat normal dengan melanoma, daftar ABCDE yang telah dikembangkan bisa Anda gunakan.

Melanoma bisa terjadi pada saat sel-sel pigmen kulit mulai berkembang dengan tidak normal. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti mengapa hal demikian bisa terjadi. Sebagian orang juga beranggapan bahwasanya penyebab kanker melanoma dikarenakan kulit terlalu sering terkena atau terpapar sinar ultraviolet (UV) baik itu alami maupun buatan.

Namun ternyata tak semua orang yang kerpa terkena paparan UV jadi penderita melanoma. Para peneliti bahkan masih berupaya mencari penyebabnya. Beberapa faktor diketahui dapat meningkatkan kemungkinan adanya melanoma yakni mempunyai banyak tahi lalat serta bintik pada kulit, memiliki kulit berwarna pucat serta mudah terbakar, mempunyai anggota keluarga yang pernah menderita melanoma, dan berambut merah maupun pirang.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai penyakit kanker kulit atau melanoma dan penyebab kanker melanoma. Kini Anda sudah tahu bahwasanya bukan hanya paparan sinar UV saja yang menyebabkan kanker kulit namun ada hal lainnya. Selain itu, semua juga bergantung pada sistem kekebalan tubuh masing-masing.

HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Posting Komentar

Pages

Copyright © 2019 Membahas Kanker