Membahas Kanker

Blog Yang Membahas Tentang Kanker Dari Mencegah hingga Mengobati.

Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

3 Jenis Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Rokok sering kali disalahkan atas ada dan timbulnya kanker paru. Padahal ada penyebab lain dari kanker paru-paru yang bukan disebabkan karena rokok. Hanya saja mungkin rokok menjadi sorotan yang paling utama. Lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa jenis penyebab kanker paru-paru selain merokok.

Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

1. Paparan Benzopyrene

Walaupun terdengar asing saat ini di telinga, benzopyrene ternyata bisa ditemukan pada aktivitas sehari-hari. Benzopyrene merupakan sisa hasil pembakaran. Zat yang berbahaya ini masuk ke dalam daftar polutan sebagai mana diterbitkan Environmental Protection Agency di Amerika Serikat.

Benzopyrene sifatnya karsinogenik. Salah satu media yang mana dapat menghantar zat ini adalah udara. Benzopyrene bisa ditemukan di asap rokok, asap kendaraan bermotor dan juga asap pembakaran hutan.

Menurut data WHO menjelaskan bahwasanya Asia Tenggara berada pada posisi kedua sebagai wilayah yang menjadi penyumbang polusi udara terbanyak di dunia. Sekitar satu dari seratus kasus kematian kanker paru disebabkan karena tingkat polusi terlalu tinggi.

Anda yang tidak merokok juga memiliki risiko yang sama sebab meskipun tidak merokok tetapi menghirup udara polutan. Bahkan Anda yang terpapar asap rokok memiliki risiko 20 persen lebih besar terkena kanker paru-paru dibandingkan mereka yang menghisap secara langsung.

2. Paparan Zat Kimia

Penyebab kanker paru-paru selain merokok yang selanjutnya adalah zat kimia. Anda yang bekerja dengan zat kimia memiliki risiko kanker yang lebih tinggi. Ada beberapa jenis zat kimianya yang sifatnya karsinogenik seperti abses, arsenik, radon, produk dari batu bara, senyawa nikel, eter chloromethyl dan lembah diesel.

Beberapa zat kimia di atas bisa saja tercampur oleh udara dan dihirup oleh Anda. Zat yang tergolong sulit untuk dideteksi adalah zat tidak berbau dan terlalu terlihat. Selain pada tempat kerja di sekitar rumah bisa ditemukan yakni pada perabotan rumah tangga.

3. Riwayat Keluarga atau Genetik

Apabila terdapat anggota keluarga yang sudah pernah mengidap kanker paru, maka terdapat kontribusi besar pada anggota keluarga lainnya untuk terkena penyakit yang sama. Namun, hal ini dapat diimbangi dengan cara menghindari faktor risiko lainnya sehingga kecil kemungkinan terkena kanker paru.

Di atas adalah beberapa penyebab kanker paru paru selain merokok. Sekarang Anda sudah tahu jadi tidak ada salahnya untuk menghindari beberapa hal di atas sebagai bentuk pencegahan terbaik.

HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Posting Komentar

Pages

Copyright © 2019 Membahas Kanker