Membahas Kanker

Blog Yang Membahas Tentang Kanker Dari Mencegah hingga Mengobati.

Kemoterapi Kanker

Kemoterapi Kanker



Pada kanker payudara stadium II, sel kanker masih berada di dalam payudara dan pada beberapa kasus mungkin sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat. Angka ketahanan hidup selama 5 tahun mendatang pada wanita yang menderita kanker payudara stadium II adalah sekitar 74-81%.
Pada kanker payudara stadium II, dokter biasanya akan menggunakan terapi kombinasi. Di bawah ini terdapat beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan pada penderita kanker payudara stadium II.


1.      Tindakan Pembedahan

Tindakan pembedahan merupakan terapi standar bagi pengobatan kanker payudara stadium II. Bila ukuran tumor masih kecil, maka dokter mungkin hanya akan melakukan tindakan lumpektomi, di mana hanya jaringan tumor dan sejumlah jaringan di sekitarnya yang diangkat.
Bila ukuran tumor besar, maka dokter mungkin akan melakukan tindakan mastektomi, di mana dokter akan mengangkat seluruh jaringan payudara. Pada kedua jenis tindakan pembedahan ini, dokter biasanya juga akan mengangkat sejumlah kelenjar getah bening di sekitar payudara.

2.      Terapi Radiasi

Terapi radiasi merupakan terapi standar bagi wanita yang telah melakukan tindakan lumpektomi. Terapi radiasi bertujuan untuk membunuh sisa sel-sel kanker yang mungkin masih ada setelah tindakan pembedahan. Beberapa orang wanita yang menderita kanker payudara stadium II dan telah melakukan tindakan mastektomi juga membutuhkan terapi radiasi, terutama bila tumor berukuran besar.

3.      Kemoterapi

Kemoterapi seringkali dilakukan setelah tindakan pembedahan. Seperti halnya terapi radiasi, kemoterapi juga bertujuan untuk membunuh sel kanker yang tersisa setelah tindakan pembedahan.
Selain itu, kemoterapi juga dapat dilakukan sebelum tindakan pembedahan untuk membantu mengecilkan ukuran tumor.

4.      Terapi Hormon

Terapi hormon kadangkala diberikan pada penderita setelah tindakan pembedahan dilakukan, terutama pada penderita yang memiliki kanker yang berespon positif terhadap hormon. Terapi ini bertujuan untuk mencegah tumor memperoleh hormon yang dibutuhkannya untuk bertumbuh.
Bagi para wanita yang belum memasuki masa menopause, maka dianjurkan untuk mengangkat indung telur untuk menghentikan produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.


5.      Terapi Biologikal

Terapi biologikal merupakan terapi baru bagi kanker payudara. Pada sekitar 25% wanita yang menderita kanker payudara, para ahli menemukan bahwa kelebihan sejenis protein, HER2, dapat membuat kanker menyebar dengan lebih cepat.
Herceptin merupakan suatu obat baru yang telah disetujui oleh BPOM Amerika untuk mengobati para penderita kanker payudara metastatik yang terbukti positif terhadap HER2. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan protein HER2 yang dapat membuat kanker semakin membesar dan membantu obat
HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Posting Komentar

Pages

Copyright © 2019 Membahas Kanker