Membahas Kanker

Blog Yang Membahas Tentang Kanker Dari Mencegah hingga Mengobati.

Pembahasan Lengkap Kanker Payudara

Pembahasan Lengkap Kanker Payudara

Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.



Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Meski biasanya terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Kanker payudara yang paling umum terjadi, terbagi dalam beberapa jenis.

- Invasive lobular carcinoma. Adalah kanker yang tumbuh di lobulus dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya. Kanker ini terjadi pada 10% kasus kanker payudara.
- Invasive ductal carcinoma. Kanker ini tumbuh di duktus dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya, bahkan bisa menyebar ke area tubuh yang lain. Jenis kanker ini terjadi pada 70-80% kasus kanker payudara.
- Lobular carcinoma in situ. Adalah kanker yang tumbuh di lobulus. Sama seperti ductal carcinoma in situ, kanker ini tidak menyebar ke jaringan sekitarnya.
- Ductal carcinoma in situ. Kanker ini tumbuh di duktus, dan tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. Jenis kanker ini termasuk kanker stadium awal dan mudah diobati. Namun demikian, kanker ini bisa menyebar ke jaringan sekitarnya jika tidak segera ditangani.

Sedangkan jenis kanker payudara yang jarang terjadi adalah


- Triple negative breast cancer. Adalah jenis kanker yang menunjukkan hasil negatif pada pemeriksaan keberadaan reseptor hormon estrogen (ER), reseptor hormon progesterone (PR), dan reseptor protein HER-2 pada jaringan kanker, yang biasanya positif pada kanker payudara.
- Inflammatory breast cancer. Adalah jenis kanker payudara yang jarang, namun berkembang cepat dan menyumbat saluran getah bening, sehingga membuat payudara tampak meradang seperti infeksi.
- Tumor phyllodes. Jenis kanker yang jarang ini tumbuh di jaringan ikat payudara yang disebut stroma.
Penyakit Paget. Penyakit Paget merupakan kanker yang tumbuh di puting payudara, lalu meluas ke area hitam di sekitar puting (areola).
- Angiosarcoma. Adalah jenis kanker yang tumbuh di pembuluh darah dan saluran getah bening di payudara.

 Apabila dilihat dari perkembangan sel kankernya, kanker payudara dapat dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu:

1. Kanker Payudara Stadium Satu
2. Kanker Payudara Stadium Dua
3. Kanker Payudara Stadium Tiga
4. Kanker Payudara Stadium Empat

Berikut Penjelasanya :

1. Kanker Payudara Stadium Satu


Kanker payudara stadium satu masih masuk kanker payudara stadium awal. Ciri-ciri kanker payudara pada tahap ini adalah sel kanker sudah mulai berkembang dan membesar pada bagian payudara yang menjadi tempat tumbuhnya. Namun, sel kankernya belum menyebar dan ukurannya tidak lebih dari 5 cm.

A. Ciri Kanker Payudara Stadium Satu

Berikut Penjelasan Untuk mengetahui ciri awal kanker payudara, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:

- Mammografi

Selain melakukan SADARI, Anda dapat melakukan pemeriksaan mammografi secara rutin juga penting guna mengetahui ciri awal kanker payudara. Mammografi adalah teknik pemindaian gambar menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara.

Mammogram umum dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan klinis rutin dan pemeriksaan payudara mandiri bulanan sebagai langkah penting dalam diagnosis dini kanker payudara.

Wanita berusia 40 tahun dan lebih diharuskan menjalani mammogram setiap satu sampai dua sekali. Jika Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat kanker payudara, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk memulai mammogram lebih dini, lebih sering, dan menambahkan beberapa alternatif pemindaian lainnya.

Ketika melakukan prosedur ini, payudara Anda akan ditempelkan pada layar pemindai rontgen. Kemudian, sebuah kompressor akan menekan payudara Anda ke bawah untuk meratakan jaringan. Hal ini akan menunjukkan hasil gambar yang lebih jelas dari payudara Anda.

Biasaknya dokter akan mengharuskan Anda untuk menahan napas setiap kali pengambilan gambar. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan prosedur ini, Anda mungkin akan sedikit merasakan nyeri atau tidak nyaman. Namun jangan khawatir, rasa nyeri dan tidak nyaman ini tidak akan bertahan lama.

Selama prosedur, dokter akan memeriksa hasil gambar yang ditampilkan di layar pemindai dan meminta teknisi radiologis untuk mengambil beberapa gambar tambahan jika hasil yang sudah ada terlihat kurang jelas atau membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan panik, hal ini lazim untuk dilakukan.

- Periksa payudara sendiri

Langkah paling mudah untuk mengetahui ciri awal kanker payudara, Anda dapat melakukan SADARI, atau pemeriksaan payudara sendiri. Pemeriksaan payudara sendiri adalah teknik pengecekan bagi wanita yang dapat dilakukan di rumah untuk memeriksa benjolan pada payudara.

Pemeriksaan SADARI yang dilakukan secara rutin akan membantu mengenali tekstur jaringan payudara normal, sehingga jika nanti Anda merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara, Anda dapat menyadarinya dan bisa segera memeriksakannya ke dokter. Cobalah biasakan untuk memeriksa payudara sendiri setiap bulan. Dengan cara ini, Anda akan dapat dengan mudah mendeteksi ciri-ciri benjolan kanker payudara.

Waktu terbaik untuk memeriksa payudara adalah beberapa hari setelah siklus menstruasi selesai. Karena perubahan hormon dapat mempengaruhi bentuk dan perasaan Anda terhadap payudara, pemeriksaan paling baik adalah ketika payudara Anda berada pada status yang normal.

Bagi wanita yang sudah tidak mengalami siklus menstruasi lagi sebaiknya memilih hari yang sama untuk melakukan tes, misalnya hari pertama setiap bulan. Sangat direkomendasikan untuk menulis jurnal atau catatan tentang bagaimana bentuk payudara Anda pada setiap pengecekan, untuk menemukan jika terjadi perubahan.

B. Gambar Kanker Payudara Stadium Satu.

Pembahasan Lengkap Kanker Payudara
Gambar Kanker Payudara Stadium Satu

C. Kanker Payudara Stadium Satu Bisa Sembuh.

Kanker payudara pada awalnya hanya berbentuk sel-sel payudara pada pria dan wanita. Di seluruh dunia, kanker ini adalah tingkatan kedua paling berbahaya setelah kanker paru-paru. Namun, penyakit ini masih bisa di sembuhkan dengan mencari Tanaman obat herbal kanker payudara seperti keladi tikus yang diperkaya dengan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker payudara stadium 4 bisa sembuh dengan menggunakan tanaman itu. Selain keladi tikus, obat kanker payudara tradisional seperti daun sirsak, tanaman tersebut dipercaya sebagai obat herbal kanker payudara paling mujarab.

Perawatan kanker payudara bisa juga menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun juga sangat efektif karena di dalamnya terdapat kandungan zat Oleo Chantal yang mampu membunuh sel kanker dengan cepat. Cara membuat obat herbal kanker payudara sangatlah  mudah. Tetapi Anda tidak perlu susah payah meraciknya, karena sudah banyak obat yang siap konsumsi yang di jual. Obat herbal kanker payudara tanpa operasi juga bisa Anda lakukan dengan mencari klinik pengobatan herbal.


2. Kanker Payudara Stadium Dua


A. Kanker Payudara Stadium Dua Apa Bisa Sembuh.

Insidens kanker payudara pada dekade terakhir ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Kanker ini jarang sekali ditemukan pada wanita di bawah usia 20 tahun. Angka tertinggi terdapat pada usia 45-66 tahun. 

Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diyakini banyak faktor yang berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain:

- Genetik, riwayat keluarga dengan keluhan sama
- Hormon, pengobatan hormonal jangka panjang
- Virogen (belum terbukti pada manusia)
- Makanan, yang tinggi lemak dan bersifat karsinogen (pemicu kanker)
- Radiasi daerah dada, riwayat foto roentgen dada
Stadium kanker payudara yang sering dipakai adalah berdasarkan American Joint Committee on Cancer (AJCC) dengan menggunakan sistim TNM. Stadium ini ditentukan berdasarkan besar tumor, kelenjar getah bening yang terlibat, dan penyebarannya ke organ lain (Tumor, Node, Metastasis-TNM). Stadium II terbagi atas stadium IIa dan IIb dimana tumor berukuran 2-5 cm dengan atau tanpa penyebaran ke kelenjar getah bening yang terdapat di aksila (ketiak). Pada stadium II, kanker belum menyebar ke organ jauh.

Kanker Stadium Dua
Kanker Stadium Dua


Stadium ini ditentukan berdasarkan pemeriksaan fisik, biopsi, dan alat penunjang (USG, mamogram, MRI). Yang dipermasalahkan adalah terapi manakah yang terbaik untuk stadium II pada kanker payudara. Terapi untuk kanker payudara terbagi 2, kuratif (penyembuhan) dan paliatif (meningkatkan kualitas hidup).  

Terapi kuratif dilakukan apabila tumor terbatas di payudara dan tidak ada penyebaran ke kulit atau ke struktur sekitarnya. Tumor disebut operable atau dapat dioperasi (diangkat) jika dengan tindakan bedah maka semua tumor beserta penyebarannya ke kelenjar getah bening dapat diangkat. Terapi paliatif dilakukan apabila tidak ada lagi tindakan yang dapat diambil untuk menyembuhkan pasien.

Perlu anda ketahui bahwa pengobatan pada stadium dini (seperti yang saat ini anda miliki) memberikan harapan kesembuhan dan harapan hidup yang lebih baik. Berdasarkan American Cancer Society, pada stadium I dan II pengobatan kuratif (penyembuhan) adalah operasi pengangkatan tumor, dalam hal ini adalah radikal mastektomi dengan atau tanpa radiasi dan kemoterapi. Yang dimaksud dengan radikal mastektomi adalah pengangkatan seluruh payudara yang terlibat tumor tersebut beserta dengan kelenjar getah bening yang terkena.

Selain radikal mastektomi terdapat pilihan operasi lainnya seperti lumpektomi yaitu operasi yang hanya mengangkat tumor saja dengan mempertahankan payudara. Lumpektomi dapat dilakukan pada stadium I, namun pada stadium II operasi lumpetomi mengandung risiko kekambuhan kembali di kemudian hari karena tidak seluruh payudara diangkat dan dikhawatirkan terdapat sel kanker ukuran mikro yang tidak terangkat dan tumbuh serta menyebar kembali.

Namun jangan khawatir karena saat ini sudah ada operasi konservasi payudara atau operasi bedah plastik untuk memberikan bentuk payudara baru menggunakan silikon. Operasi ini umumnya dapat dilakukan bersamaan dengan operasi pengangkatan payudara (radikal mastektomi). Payudara hasil konservasi menyerupai bentuk payudara asli. 

Tujuan dari operasi rekonstrukstif ini adalah untuk kosmetik atau penampilan dan untuk membantu membangun kembali kepercayaan diri dari pasien.

Sebaiknya memang jangan menunda-nunda penatalaksanaan kanker payudara ini karena penyebarannya sangat cepat. Apabila ditunda (contohnya anda menolak dan berobat ke alternatif), kebanyakan kasus yang kami dapat adalah pasien akan kembali lagi ke dokter namun dengan kanker payudara yang sudah menyebar dan tidak dapat lagi diterapi. Kami tidak dapat memastikan berapa lama penderita kanker payudara stadium 2 dapat bertahan  tanpa pengobatan, hal ini dikarenakan perjalanan penyakit/perkembangan sel kanker dan daya tahan tubuh/respon tubuh setiap orang dapat berbeda-beda. 

Lama waktu pemberian kemoterapi pun bervariasi tergantung jenis obat, kondisi penyakit serta respon tubuh terhadap terapi yang diberikan. Namun pada umumnya obat kemoterapi ada yang di berikan setiap hari selama satu minggu, atau pemberian dengan siklus 21 hari sebanyak 6 kali pemberian.

Terapilah sedini mungkin kanker payudara ini  untuk meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup anda. Apabila anda ragu maka anda dapat mencari second opinion ke dokter spesialis bedah suspesialis onkologi lainnya. 

B. makanan kanker payudara stadium 2

Hasil untuk kanker payudara bervariasi tergantung pada jenis kanker, tingkat penyakit, dan usia seseorang. Tingkat kelangsungan hidup di negara maju tinggi, dengan antara 80% dan 90% di antara Inggris dan Amerika Serikat hidup setidaknya selama 5 tahun. Di negara berkembang tingkat kelangsungan hidup lebih rendah. 

Di seluruh dunia, kanker payudara adalah jenis kanker utama pada wanita, terhitung 25% dari semua kasus. Pada tahun 2012 ini menghasilkan 1,68 juta kasus baru dan 522.000 kematian. Hal ini lebih sering terjadi di negara maju dan lebih dari 100 kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Inilah Makanan Yang Bagus Untuk Kanker Payudara

Nama buah Manfaat yang terkandung

- Semangka : Flavanoid, Vitamin C
- Apel : Vitamin C yang tinggi, serat larut air terutama karoten dan pektin
- Belimbing : Vitamin C tinggi, anti inflamasi
- Jambu biji : Vitamin C, 6 kali lebih banyak dari jeruk
- Jeruk manis : Bioflavanoid dan antioksidan pencegah kanker, Vitamin C untuk mendukung imun tubuh, limonoids untuk sistem kekebalan tubuh
- Jeruk lemon : Antioksidan, vitamin C, disarankan untuk memakan spon putihnya juga
- Nanas : Antioksidan, sacharosa, dektrosa, asam organik, anti inflamasi. Dan mengganggu pertumbuhan sel kanker
- Pepaya : Betakaroten, pektin, fitokinase, papain untuk pemecah protein
- Sirsak : Vitamin C, serat, dan antioksidan
- Tomat : Vitamin C, antioksidan, lycopen sebagai penangkal radikal bebas
- Melon : Zat antikoagulan, karotinoid untuk melawan kanker
- Anggur : Flavanoid antioksidan, polifenol pecyin, tannin untuk menangkal kerusakkan gen, mencegah timbulnya kanker.
- Brokoli, kubis merah, sawi, lobak dan kembang kol Glukosinoat, betakaroten, indol, isotiosianat, sulfosaran, kumarin, dan fenol sebagai anti kanker dalam makanan pencegah kanker payudara yang kaya serat
- Wortel : Glutathione, Vitamin C, betakaroten, folic acid, zat antioksidan.
- Buncis : Lignin, serat kasar, dan protease
- Daun pepaya : Serat kasar, vitamin A dan C, enzim papain
- Daun singkong : Serat kasar, vitamin A dan antioksidan ini juga bisa mencegah penyebab kanker usus
- Bayam : Serat kasar, karotenoid, dan nitrosamin
- Terung : Protease, inhibitor
- Kedelai : Genistein, daidzen, asam fitat, saponin, fitostero, asam fenolat
- Merica : Capsaicin untuk karsinogen
- Ketan hitam, jangung, kacang hijau, kacang merah dan kacang tolo : Serat kasar, vitamin

C. kemoterapi kanker payudara stadium Dua

Pada kanker payudara stadium II, sel kanker masih berada di dalam payudara dan pada beberapa kasus mungkin sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat. 

Angka ketahanan hidup selama 5 tahun mendatang pada wanita yang menderita kanker payudara stadium II adalah sekitar 74-81%.
Pada kanker payudara stadium II, dokter biasanya akan menggunakan terapi kombinasi. Di bawah ini terdapat beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan pada penderita kanker payudara stadium II.

- Terapi Biologikal

Terapi biologikal merupakan terapi baru bagi kanker payudara. Pada sekitar 25% wanita yang menderita kanker payudara, para ahli menemukan bahwa kelebihan sejenis protein, HER2, dapat membuat kanker menyebar dengan lebih cepat.

Kemoterapi Kanker Payudara Stadium Dua
Kemoterapi Kanker Payudara Stadium Dua


Herceptin merupakan suatu obat baru yang telah disetujui oleh BPOM Amerika untuk mengobati para penderita kanker payudara metastatik yang terbukti positif terhadap HER2. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan protein HER2 yang dapat membuat kanker semakin membesar dan membantu obat kemoterapi bekerja dengan lebih efektif. Obat ini seringkali digunakan sebagai terapi kombinasi dengan kemoterapi.

- Terapi Hormon

Terapi hormon kadangkala diberikan pada penderita setelah tindakan pembedahan dilakukan, terutama pada penderita yang memiliki kanker yang berespon positif terhadap hormon. Terapi ini bertujuan untuk mencegah tumor memperoleh hormon yang dibutuhkannya untuk bertumbuh.

Bagi para wanita yang belum memasuki masa menopause, maka dianjurkan untuk mengangkat indung telur untuk menghentikan produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

- Kemoterapi

Kemoterapi seringkali dilakukan setelah tindakan pembedahan. Seperti halnya terapi radiasi, kemoterapi juga bertujuan untuk membunuh sel kanker yang tersisa setelah tindakan pembedahan.
Selain itu, kemoterapi juga dapat dilakukan sebelum tindakan pembedahan untuk membantu mengecilkan ukuran tumor.

- Terapi Radiasi

Terapi radiasi merupakan terapi standar bagi wanita yang telah melakukan tindakan lumpektomi. Terapi radiasi bertujuan untuk membunuh sisa sel-sel kanker yang mungkin masih ada setelah tindakan pembedahan. Beberapa orang wanita yang menderita kanker payudara stadium II dan telah melakukan tindakan mastektomi juga membutuhkan terapi radiasi, terutama bila tumor berukuran besar.

- Tindakan Pembedahan

Tindakan pembedahan merupakan terapi standar bagi pengobatan kanker payudara stadium II. Bila ukuran tumor masih kecil, maka dokter mungkin hanya akan melakukan tindakan lumpektomi, di mana hanya jaringan tumor dan sejumlah jaringan di sekitarnya yang diangkat.

Bila ukuran tumor besar, maka dokter mungkin akan melakukan tindakan mastektomi, di mana dokter akan mengangkat seluruh jaringan payudara. Pada kedua jenis tindakan pembedahan ini, dokter biasanya juga akan mengangkat sejumlah kelenjar getah bening di sekitar payudara.

3. Kanker Payudara Stadium Tiga

A. Operasi Kanker Payudara Stadium Tiga

kemoterapi bekerja dengan lebih efektif. Obat ini seringkali digunakan sebagai terapi kombinasi dengan kemoterapi.

Kanker payudara sebenarnya sudah memiliki ciri dan gejala sejak stadium awal, namun seringkali kita tidak menyadarinya dan akhirnya terabaikan begitu saja. Setelah memasuki stadium lanjut seperti stadium 3 barulah diketahui kalau di payudara terdapat sel kanker. Tentu saja jika sudah pada tahap ini si penderita tidak boleh menunda pengobatan untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk. 

Berikut ini adalah ciri-ciri dari kanker payudara stadium 3 yang harus diketahui.

- Terdapat benjolan yang diameternya sudah lebih dari 5 cm

Benjolan ini terdapat di kelenjar mamary internal di sekitar payudara. Biasanya benjolan sebesar ini mulai dirasakan pada fase 3A, namun bisa juga baru mulai terasa saat sudah memasuki fase 3B. Benjolan bisa terasa keras namun bisa jadi lunak.

- Sel kanker payudara sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening, ketiak dan otot dada

Sel kanker yang semakin ganas akan mulai menyebar ke sel lain di sekitarnya. Dan yang paling umum adalah menyebar ke kelenjar getah bening. Pada awalnya kelenjar getah bening yang diserang adalah yang berada di ketiak, otot dada dan lengan atas. Namun lama kelamaan akan menjalar hingga ke kelenjar getah bening di area tulang selangka.

- Terdapat peradangan, luka dan nanah

Pada kanker payudara stadium 3 mulai muncul luka yang tidak kunjung sembuh dan munculnya nanah pada luka tersebut. Adanya peradangan yang ditimbulkan dari luka tersebut akan memberikan rasa nyeri yang luar biasa di sekitar area payudara.

- Payudara mengerut dan kulit pada payudara terlihat kemerahan

Saat sel kanker menyebar dan meliputi seluruh bagian payudara, maka pada kulit payudara akan terlihat kemerahan. Payudara juga akan mengerut dan volumenya berbeda. Biasanya pasien akan merasakan berat kedua payudara tidak lagi seimbang. Puting juga akan berubah arah, biasanya puting akan masuk ke dalam payudara.




HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Posting Komentar

Pages

Copyright © 2019 Membahas Kanker